Tentang CU Sawiran

CU  Sawiran adalah lembaga keuangan mikro yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dalam pelayanannya CU Sawiran berbasis pada gerakan credit union yang terbuka dan jelas system pengelolaannya. Credit Union berbasiskan pada kepercayaan  anggota yang memiliki  saham sebagai bentuk kepemilikan. Seluruh kegiatan lembaga mengarah pada satu tujuan, yaitu kesejahteraan anggota.

Dikelola secara professional, CU Sawiran melangkah dengan memberikan pelayanan keuangan yang dibutuhkan masyarakat luas dengan mempersembahkan produk-produk simpanan, pinjaman, dan jasa keuangan lain yang didesain khusus untuk melayani masyarakat menengah ke bawah.

CU Sawiran TP Nongkojajar

Sejarah Berdirinya CU Sawiran

1989 Gagasan berdirinya CU Sawiran berawal dari keinginan Rm. Willy Malim Batuah, CDD mencari solusi untuk masyarakat sekitar Dusun Sawiran, Kel. Dawuhan Sengon, Kab. Pasuruan.

Masyarakat Dusun Sawiran yang sebagian besar adalah petani, mengalami kesulitan dalam meningkatkan  jumlah pendapatan dan taraf hidup mereka  karena tidak mudah mencari modal kerja yang mudah dan murah. Gagasan ini diperkuat dengan kegelisahan beliau melihat kenyataan banyaknya masyarakat yang terjerat praktek rentenir dengan kredit berbunga  tinggi.  Maka didirikannya Koperasi Karyawan RR Sawiran yang waktu itu anggotanya memang masih terbatas karyawan RR Sawiran sebanyak 39 orang.

1990-1997 Memperoleh manfaat lebih dari Kopkar, para anggota keluarga karyawan RR Sawiran dan masyarakat sekitar mulai bergabung untuk dapat menikmati produk dan pelayanan yang diberikan.  Dalam perkembangannya, Sawiran pun membuka pintu untuk melayani masyarakat di sekitar RR Sawiran. Pelayanan kepada anggota pun masih menggunakan satu ruangan yang dipinjam dari Yayasan Kolese St. Yusuf di lingkungan RR Sawiran. Ternyata sambutan masyarakat sangat menggembirakan ,karena  masyarakat membutuhkan pemecahan terhadap modal kerja dan modal usaha, membutuhkan perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga.  Masyarakat sadar bahwa untuk mengatasi hal-hal tersebut tidaklah mudah dilaksanakan sendiri-sendiri, dan tidak cukup mengandalkan bantuan dana dari pihak lain.  Masyarakat sadar bahwa mereka perlu membangun kekuatan ekonomi secara swadaya dan berlandaskan pada nilai kesetiakawanan. Sawiran tidak hanya memberikan modal tetapi juga membantu perencanaan dan pengelolaan ekonomi anggotanya.

Delapan tahun waktu yang dilalui CU Sawiran ini dengan jatuh bangun, suatu pengalaman yang memperkaya, menjadi bahan refleksi dan membangung semangat untuk survive dan maju terus.


1998 Kopkar Sawiran memperoleh legalitas hukum dari Departemen Koperasi dan Pengusaha Kecil Kanwil Jatim dengan badan hukum 282/BH/KWK.13/III/1998. Dari sini pelayanan dikembangkan dengan system computerized, dan merintis pembangunan gedung kantor milik sendiri. Profesionalitas dibangun berdasarkan fungsi dan tugas pengurus sebagai pembuat kebijakan dan manajemen sebagai tenaga operasional. Korwil juga dibentuk sebagai kepanjangan tangan dari pengurus untuk anggota yang domisilinya jauh dari kantor.

1999 Sawiran mulai mengoperasikan gedung baru 2 lantai untuk pelayanan anggota dan kegiatan harian, melantik 12 korwil baru yang tersebar dan mewakili seluruh anggota dalam RAT, seta penetapan dana sosial pendidikan, suka, dan duka untuk anggota.

2000 Legalitas baru diperoleh dengan perubahan anggaran dasar dari Koperasi Karyawan menjadi Koperasi Kredit oleh Kantor Departemen Koperasi No. 02/PAD/KDK/13.14/VIII/2000 agar bisa melayani masyarakat dengan lebih luas. Pada tahun yang sama dibuka kantor pelayanan baru di perbatasan Tutur dan Wonosari, serta mulai tumbuh cikal bakal lahirnya TP Capang dan TP Pakis untuk melayani anggota di daerah yang lebih luas. Juga diterbitkan bulletin perdana BERKAS (Berita Koperasi Sawiran) untuk makin mendekatkan anggota dan CU

2001 Pelayanan Sawiran meluas untuk memenuhi kebutuhan para petanis sayur di pegunungan Tengger, maka mulai dirintis pembukaan kantor TP Tosari. Dan sebagai salah satu pilar credit union yang saling melengkapi, pendidikan anggota mulai dilaksanakan secara berjenjang : pendidikan dasar, pendidikan lanjutan, dan pendidikan fungsionaris.

2002 Untuk melayani anggota yang berada di sebelah selatan Malang secara lebih dekat, maka dibukalah TP Kepanjen. Untuk produk, dibukalah pendaftaran simpanan ALB guna memenuhi harapan dan kenginin anggota, agar anak-anak sudah mengenal credit union sejak dini dan menanamkan budaya menabung.

2003-2005 CU Sawiran mulai mengadakan kerjasama dengan pihak luar terutama dalam bidang assessment dan rating untuk meningkatkan kualitas lembaga.  Untuk peningkatan  pelayanan maka dibukalah produk pinjaman untuk pembelian kendaraan dan pinjaman untuk pembelian tanah/rumah. CU Sawiran juga membuat evaluasi kinerja melalui angket kepada anggota, dengan 98% responden menyatakan pelayanan CU Sawiran bagus, dan 2% lainnya menyatakan pelayanan yang kurang sehingga menjadi bahan evaluasi bagi pengurus, pengawas, dan manajemen untuk mengambil langkah-langkah perbaikan.

2006 Animo masyarakat untuk bergabung dengan CU Sawiran semakin luar biasa, maka pengurus mengambil langkah untuk pengubahan anggaran dasar sehingga memperoleh badan hukum tingkat Propinsi Jawa Timur No. 518.1/PAD/BH/26/103/2006. Pelayanan pun meluas dengan dibukanya TP Ngadisari pada bulan Juni dan TP Dinoyo pada bulan Juli 2006 . Untuk memaksimalkan pelayanan pula kantor TP Capang digeser ke Lawang,dengan nama TP Lawang

2007 Produk Simaster dan Sipintar diluncurkan guna merespon keinginan anggota atas produk persiapan biaya pendidikan dan masa depan. Pelayanan di perluas dengan dibukanya TP Sawojajar

2008 Dengan makin meluasnya wilayah pelayanan anggota disekitar Kesamben, Wlingi, dan Blitar, maka dibukalah TP Wlingi, disusul oleh pembukaan TP Blimbing untuk melayani anggota di wilayah timur kota Malang. Hubungan dengan lembaga luar semakin meluas, dengan menjalin kerjasama dengan MercyCorps, Micra, MixMarket, Bukopin, PNM, Oikocredit, ILO, WVI, Intel dan Rabobank

2009 untuk anggota kota Batu dan sekitarnya CU Sawiran hadir dengan membuka TP Batu, serta meluncurkan produk tabungan khusus anak-anak, Sibuhar Siswa yang merespon kebutuhan anggota agar anak-anak sekolah membudahayakn menabung dengan kemauan sendiri.

2010 CU Sawiran hadir dengan pelayanan keuangan terbaik dan memenuhi berbagai kebutuhan anggota. Total yang dilayani sampai dengan Maret 2010 adalah 20.796 orang yang terdiri dari 4.097 anggota, 6.215 calon anggota, dan 10.484 orang yang mempunyai rekening Simaster, Sipintar, Cemerlang dan Sibuhar.

  1. plano
    February 3, 2012 at 6:54 pm | #1

    tolong ac nya di betulin, soalnya airnya menggenangi ruko saya (warnet plano link)

    • May 28, 2012 at 5:10 am | #2

      hihihi…Anda lucu banget… saya hanya menulis info tentang credit union… kalau soal AC dan Ruko ya silahkan ngomong langsung ke karyawan disana…hihihihihi

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: